Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mio J Ceket Piston Ancur Efek Kehabisan Oli Dan Lama Diabaikan Pemiliknya

  Kali ini atebreaker.net coba share lagi nih salah satu motor punya pelanggan yang mesinnya ceket alias macet total. Buat sobat yang belum tau apa itu mesin motor ceket atau macet bisa cek postingan ini dulu ya biar nyambung bacanya.


 Awanya yamaha mio j berpolet biru dengan basic warna biru putih ini, cukup sering berlalu lalang nih didaerah bengkel kita karena pemiliknya memang anak kampung sini alias akamsi. Cuma tiap kali lewat memang ada kelainan dari suara mesin yang terdengar berisik, gregedek atau ngleker, dari suaranya memang terdengar dari piston yang katanya mesin motornya sebelumnya pernah ceket, namun sempat dibetulkan dengan suntik oli dibagian piston, work sih tapi biasanya cuma buat sementara alias kalo lagi kepepet banget, kalo boleh kasih saran mending sekalian turun mesin. Kembali ke topik, biasanya kalo motor udah kena macet dan dibetulin sementara dengan suntik oli ke piston, motor memang bisa nyala lagi dengan catatan gak ada komponen yang benar-benar ancur, tapi umumnya efek yang ditimbulkan mesin jadi ngletrek, gredek dan ngebul, biasanya diakibatkan karena kerusakan pada silinder yang membuat piston jadi sedikit longgar sehingga berefek demikin. Nah pada kasus motor diatas, setelah alami macet motor kembali dipakai dalam waktu cukup lama, dengan kondisi mesin ngelitik serta lama kelamaan, mulai ada asap tuh dari knalpot karena oli masuk ke area ruang bakar. Efeknya oli mesin jadi kian nyusut, hingga mesin kehabisan oli dan macet untuk kedua kalinya.

 Sialnya macet babak kedua ini cukup fatal dibanding yang pertama. Udah gak bisa lagi diakalin dengan suntik piston denga oli, kruk as tetap gak mau diputar. Akhirnya diputuskan untuk dibongkar, dan Jederrrrr!!! Pemandangan yang menghasilkan kecemasan mata pemilik pun mulai nampak. Ternyata ceket kali ini membuat piston hancur, kebayang gak efeknya?




 Ya, serpihan piston menggerus permukaan diasil silinder yang membuat goresan cukup dalam. Sealin itu, serpihan juga masuk ke area depan menuju head, yang akhirnya membuat klep terganjal tentu membuatnya bengkok. Nyaris merusak juga ke area settingan atau cincin dudukan klep, tapi sepertinya masih bisa rata dengan skir.



 Efek kehabisan oli juga membuat noken as dan pelatuk klep sedikit aus, ya kalau mau full dapat suara mesin baru mau gak mau harus diganti. Beberapa part yang harus diganti dari kejadian ini diantaranya, silinder set, plus piston beserta ringnya, noken as, pelatuk klep dan klep plus skir klep termasuk sealnya,.

 Kelewat nih, efek lain dari macetnya mesin yamaha mio j ini membuat saya agak susah melepas pen pistonnya, ini karena efek macet piston tadi yang membuat goresan di area stang piston antara stang dan pen piston. Tapi ada trik melepas pen piston macet yang sudah saya share pada postingan sebelumnya. Seharusnya sih stang piston juga diganti tapi katanya yang urgentnya aja dulu, biarin belakangan, yaudah kita repair aja.


 Intinya sih, tetap jaga oli mesin ya sob, rutin ganti usahakan berdasarkan jarak tempuh bukan hitungan waktu, jangan tunggu sampai mesin ceket alias macet, sayangi saku mu, wkkk.

 


Posting Komentar untuk "Mio J Ceket Piston Ancur Efek Kehabisan Oli Dan Lama Diabaikan Pemiliknya"