Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kampas Ganda Honda Beat Gredek! Ganti Gak ngaruh? Coba Cara ini

 Kampas ganda, atau sering juga disebut kampas otomatis ini terletak di bagian kopling, nah khusus matic bagian ini terletak di blok CVT area belakang, satu paket dengan puli atau pulley belakang yang jadi penghubung antara mesin dan gearbox CVT. Sama seperti motor bebek, fungsi kampas ganda sederhananya adalah meneruskan putaran mesin depan ke gearbox CVT dan roda belakang. Di bagian puli, kampas ganda akan otomatis terbuka atau merekah ketika putaran mesin naik, rekahan kampas akan menyentuh mangkok otomatis atau mangkok ganda, dari situ maka puli akan bergerak secara keselurahan sehingga as yang menuju gearbox juga bergerak dan alhasil roda belakangpun berputar. Tapi mas bro, ini definisi abal-abal menurut pemahan admin sendiri ya, definisi resmi dan lengkap mungkin bisa dicari di sumber lain.


 Nah salah satu permasalahan kampas ganda pada motor matic diantaranya adalah gredek. Jadi saat motor mau jalan itu terasa tersendat sendat, kalau parah itu sendatannya kaya berirama gitu mas bro, apa ya sebutan tepatnya, , jelasin sendiri deh, tapi yang pernah ngalamin motornya kaya gini pasti paham. Admin pernah temukan di beberapa motor matic diantaranya honda beat karbu, atau vario. Anehnya nih, meski kampas ganda ganti baru, kadang-kadang gredek masih ada. Kira-kira apatuh penyebabnya?


 Jadi menurut analisa abal-abal admin penyebab gredek di kampas ganda adalah permukaan kampas yang memang tidak rata, jadi permukaan kampas ganda yang nempel ke mangkok itu gk samaan atau gak rata, sehingga cengkraman kampas kurang kuat dan menhasilkan efek sendatan tersebut. Maka solusinya tidak lain dan tidak bukan adalah ganti kampas ganda dengan yang baru.
Tapiiii,,,, tunggu dulu.
Ada gak yang pernah ngalamin setelah ganti kampas ganda, gredeknya tetap ada? Atau hanya berkurang sedikit? Atau sembuh, tapi jarak berapa hari/minggu/bulan gredek kayak gitu lagi?
Jika demikian berarti masalah belum selesai.

 Kembali ke analisa abal-abal admin nih, permasalahan demikian memang di kampas ganda, tapi ini juga terpengaruh oleh permukaan mangkok otomatis. Jika mangkoknya tak rata maka sebagus apapun kampasnya juga gak sempurna gesekan kampas gandanya, maka mangkok harus segera diganti.


 Jika mangkok sudah ganti namun tetap ada gredek, coba cara terakhir dan ini sudah admin buktikan sendiri, yaitu dengan mem-bor bagian mangkok otomatis alias melubanginya. Buat lubang atau bulatan di sepanjang area mangkok ganda atau mangkok otomatis terutama area yang bersentuhan dengan kampas otomatis atau ganda tersebut. Atau jika ribet harus membor, di beberapa marketplace juga banyak yang menjual mangkok custom seperti ini. 


 Nah ternyata lubang-lubang pada mangkok tersebut membuat cengkraman kampas lebih baik, sehingga meminimalisir slip yang membuat gredek atau sendatan tersebut. Selain itu, menurut admin bulatan atau lubang ini juga cukup berguna untuk menjaga kebersihan mangkok otomatis atau mangkok ganda ini, sebab kotoran dari sisa gesekan kampas bisa keluar, plus lubang juga membuat bagian dalam puli lebih dingin.

Monggo dicoba,
Dijamin work, dan jangan lupa, share ya pengalamannya disini!!!!

Posting Komentar untuk "Kampas Ganda Honda Beat Gredek! Ganti Gak ngaruh? Coba Cara ini"