Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buka Laher Blok CVT Motor Matic Tanpa Treker Dan Las

 Laher blok CVT yang terletak di blok CVT motor matic, merupakan komponen kecil yang kerap kali menyusahkan pemilik motor matic. Sebab ketika komponen ini rusak, biasanya menghasilkan suara ngorok di mesin blok CVT, terutama ketika tarikan awal.
 Rata-rata, motor-motor matic dari dari honda lah yang paling sering saya temui mengalami kerusakan bagian ini, entah karena saking banyaknya unit motor matic honda atau gimana nih masbro? Yang jelas, motor matic keluaran yamaha atau suzuki cukup jarang terkena di bagian tersebut.
 Jika motor sobat terindikasi suara kasar atau ngorok di area belakang, seperti honda beat, vario, dan matic honda lainnya, terutama saat tarikan awal hampir dipastikan laher blok CVT nya kena, dan harus diganti.
Laher ini terletak pada blok CVT yang berguna untuk menahan sekaligus membantu putaran as puli sekunder, atau puli belakang, dimana as ini terhubung ke gearbox. Laher CVT ini dicirikan dengan bos yang berbahan kuningan tepat ditengah laher. Untuk matic honda biasanya memiliki kode 6002, dan hampir semua matic honda memakai kode yang sama.
 Komponen ini sebenarnya cukup murah dan mudah didapat, dengan kisaran harga 10-40 ribuan, tergantung kualitas, mulai dari KW/lokal, sampai original pabrikan dan original online yang murah atau murahan. Bagi sobat yang enggan ke bengkel untuk mengganti komponen ini, dan ingin menggantinya sendiri juga cukup mudah, yaitu sobat tinggal membuka blok CVT, maka laher akan terletak di bagian seperti di gambar.

 Selanjutnya, lepas laher dari blok, dengan terlebih dahulu melepas spi pengunci. Lalu sobat wajib melepas laher dari blok, ini yang sulit karena umumnya laher akan sangat lekat menempel pada blok, maka sobat wajib menggunakan treker laher blok CVT, atau menggunakan mesin las untuk memudahkan membukanya. Tapi jika tidak mempunyai kedua alat ini, masih ada cara ketiga, lanjutkan membaca!!!
 Untuk melepas laher blok CVT, cara yang bisa sobat lakukan selain menggunakan 2 alat diatas, sobat bisa mencoba menjejali lubang laher tengah dengan tujuan agar masuk ke area bawah laher, sehingga nantinya laher akan terdorong keluar dengan sendirinya. Cara ini sudah saya coba dan terbukti berhasil. Sebenarnya cara ini sudah saya share dulu, namun gak ada salahnya saya tulis kembali kareana postingan lama dirasa kurang lengkap.
 Lanjut, yang perlu sobat siapkan hanya lilin bakar biasa harganya mulai Rp1000an, atau bisa menggunakan kertas basah yang akan digunakan sebagai penjejal laher. Lalu siapkan as atau besi yang bisa masuk ke lubang tengah laher, as ini digunakan untuk mendorong liliin/kertas basah agar masuk ke dalam laher. Alat lain yang perlu disiapakan seperti palu kecil untuk memukul as.


 Caranya, potong lilin kecil-kecil sampai bisa masuk ke lubang laher, kemudian masukan, dan tumbuk menggunakan as tadi sehingga lilin turun ke bawah, dan lakukan berulang, terus jejali sampai laher nanti terangkat. Jika pakai kertas basahpun sama caranya.
 Mudah dan murah bukan? Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Buka Laher Blok CVT Motor Matic Tanpa Treker Dan Las"