Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Aerox Macet, Segini Biaya Perbaikannya

  Motor matic sangat rawan kehabisan oli yang berefek pada macetnya mesin. Oli atau pelumas ini fungsinya sangat penting bagi mesin, dimana oli berguna untuk meminimalisir gesekan antar komponen mesin. Maka menyusutnya oli membuat gesekan antar komponen semakin tinggi, yang bisa berakibat fatal bagi mesin seperti menyebabkan overheat atau panas yang berlebih, dan puncaknya berakibat pada macetnya mesin.


 Nah selengkapnya mengenai penyebab motor ngejim, ciri-cirinya, dan cara atasinya saya sudah jelaskan pada postingan berikut.

Baca: Mesin Motor Macet (ngejim)? Ini Penyebab Dan Cara Atasinya

Kali ini saya akan khusus membahas mengenai motor AEROX 150 VVA yang terkena mesin ngejim, serta mudah-mudahan bisa share dengan akurat mengenai gambaran biaya perbaikannya.

Permasalahan Aerox kali ini adalah mesin macet, yang ditandai dengan motor yang tak bisa starter. Saat mencoba menekan tombol starter, hanya ada bunyi tek-tek, mesin ga ngangkat sama sekali. Setelah baut pembuangan oli dilepas, memang sudah seret tak ada satu tetespun. Setelah oli baru dimasukan ke mesin, lalu melumasi piston melalui lubang busi, dan memutar kruk as agar mesin bisa sedikit bergerak, akhirnya motor pun sudah bisa starter lagi dengan agak berat diawal, sampai berhasil hidup. Nah setelah hidup ini, Suara kasar dari piston atau seher dan silinder mulai terdengar. Tidak itu, knalpotpun mengeluarkan asap putih. Ya, kita tunggu sebentar karena asap bisa terjadi oleh oli yang kita masukan ke lubang bensin tadi. Namun setelah sekian lama asap tak hilang, dan fix, silinder dan seher atau pistonnya kena, dan harus diboingkar.


 Setelah dibongkar, seperti diguaan  silinder dan piston tergerus cukup parah, dan inilah penyebab suara kasar yang disertai ngebut di knalpot. Lalu kita cek stang piston ternyata aman. Sekedar info, mesin macet biasanya juga berefek pada stang piston, namun yang rusak biasanya bukan stang piston bagian belakang ya, tapi bagian depan yang menyambung pada pen piston. Biasanya bagian dalam stang piston bagian depan tergores yang membuat pen piston tidak bisa bergerak fleksibel, dan inilah yang sebenarnya membuat piston miring yang menggerus silinder dan pada akhirnya mesin macet. Tapi khusus di kasus aerox ini stang piston aman.



 Jadi, komponen yang kita ganti adalah silinder 1 set, yang meliputi silinder/boring, piston set (piston, ring piston, pen piston,dan spi pengunci). Kebetulan nih, aerox 155 VVA ini silindernya sama dengan punya Nmax, jadi komponen ini cukup banyak dipasaran ya sob. Untuk harganya nanti saya share di bawah.

 Nah untuk pemasangan bagian silindernya, jangan lupa menyiapkan paking baru, agar lebih murah cari satu set, atau top set paking, atau 1 set paking mesin depan. Sayangnya, kali ini topset yang tersedia hanya untuk Nmax, jadi terpaksa paking yang miripnya cuma paking silinder belakang dan tengah saja. Untuk seal yang lain tidak kita ganti karena memang masuh bagus. Tapi akan lebih baik jika diganti semua yang melupti paking belakang, tengah, karet head, dan karet seal waterpump. Jika sulit cari khusus untuk aerox, bisa pakai lem paking atau auto sealer untuk karet.


 Jangan lupa sob, untuk kasus motr macet atau ngejim, saya sarankan untuk mengganti juga seal klep karena sering rusak akibat overheat, dan ini juga bisa jadi penyebab lain motor ngebul. Agar tidak dua kali bongkar skir saja klepnya sekaligus mengganti ini. Untuk caranya sudah saya share dipostingan ini.

Baca:Mengenal Skir Klep, Cara Dan Tujuannya


 Nah untuk rincian biayanya, saya coba share disini, tapi perlu diingat sob, harga ini adalah harga di daerah saya per saat ini, tentunya mungkin bisa berbeda-beda di tiap daerah, termasuk tarif jasa perbaikannya. Selain itu, harga yang kami share adalah harga grosir, jika anda sendiri yang pergi belanja, alias tidak menyerahkannya ke bengkel ya sob, karena harga bengkel biasa berbeda dengan harga bengkel grosir.

  • Silinder set+piston Aerox Original toko (bukan original marketplace) Rp 475.000- Rp 550.000
  • Paking top set Aerox/Nmax Rp 45.000-Rp 65.000
  • Seal klep 1 set Aerox ( atau 4 buah seal, sama dengan jupiter mx/mio j) Rp 15.000-Rp 25.000 per biji)

 Part lain yang mungkin wajib kamu beli selain dari yang pokok diatas adalah: 

  •  Air radiator Rp 25.000- Rp 45.0000
  • Oli mesin
  • Lem paking/auto sealer 

Sedangkan tarif yang mungkin diminta tiap bengkel beda-beda, untuk bongkar pasang, servis, dan biaya skir klep juga berbeda, karena aerox jumlah klep ada 4 tentunya akan 2 kali lipat dari motor biasa yang hanya punya dua klep. Sementara itu, tarif bongkar pasang AEROX 155 biya servis, bongkar pasang dan skir klep kita ambil dikisaran Rp250.000-Rp350.000 Tergantung ada atau tidaknya kendala lain yang seringkali ditemukan saat proses pembongkaran dan pemasangan. Tentu tarif ini bisa berbeda-beda, tergantung bengkel dan lokasi, serta jenis motor berdasarkan tingkat kesulitan pengerjaannya.


Posting Komentar untuk "Mesin Aerox Macet, Segini Biaya Perbaikannya"