Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rem Belakang Vixion Advance Ngelos Master Rem Basah Begini Atasinya

  Ganti minggu lagi saya coba konsisten lagi bikin postingan, dan kali ini ada pelanggan vixion advance warna merah dengan keluhan rem belakang ngelos.


 Sebenarnya cukup mudah untuk mencari penyebab rem ngelos, karena komponen pengereman tipe cakram ini tidak terlalu banyak dan sudah saya posting di beberapa postingan lama seperti di bawah ini.

Baca: Penyebab Rem Cakram Motor Blong (ngelos), Serta Cara Mengatasinya

 Nah khusus untuk vixion advance yang datang ini penyebabnya sudah tak perlu dicari lagi, setelah di telisik ada basah nih di bagian master rem. Buat sobat yang belum tahu, master rem adalah bagian sistem pengereman cakram yang gunanya sebagai pompa hidrolis untuk memompa minyak rem agar naik ke dalam kaliper dan menekan kampas rem. Nah master rem belakang vixion advance ini letaknya berada tepat di samping footspep sebelah kanan, dan untuk vixion advance bagian master ini tertutup oleh sayap footstep sendiri, namun cukup kelihatan nih kalau kita tilik sedikit ke dalam.

 Kebetulan, master rem vixion advance ini basah masbro. Ini karena kebocoran pada seal master alias sudah rusak atau aus. Rusaknya atau aus nya bagian karet pada seal master, menyebabkan minyak rem keluar dari master rem, yang membuatnya basah. Sedangkan kebocoran ini juga mengakibatkan piston pada seal master rem tidak dapat memompa minyak rem sepenuhnya karena kebocoran tadi, dan terkadang terdengar bunyi angin yang keluar saat tuas rem ditekan. 

Sederhana bukan, nah untuk memperbaikinya saya ganti seal master remnya, dengan cara membukanya dari bawah, mulai dari melepas karet seal luar, lalu melepas spi atau spin seal, kemudian menarik piston seal master rem dari dalam master rem.


 Untuk mengganti seal ini harus sepaket dengan pistonnya ya sob dan biasanya memang dijual sepaket, maksudnya jangan mengganti karet seal saja. Sedangkan seal master rem ini juga murah, harganya dikisaran 10-25 ribu saja, tergantung merek dan kalau beli marketplace bisanya jauh lebih murah di bawah 10 ribuan. Khusus untuk vixion advance seal masternya sama dengan vixion old, tapi jangan pakai puinya jupiter mx karena beda dudukan dan bentuknya. Kalau mau cari persamaan, seal master rem vixion advance, atau vixion old, bisa pakai punya suzukii satria F, ya walaupun beda desain pistonnya namun diameter dan panjangnya sama, dan disini saya juga pakai punya FU dan hasilnya Oke tidak ada masalah.

 Setelah ganti seal master rem, jangan kaget kalau masih ngelos ya, karena perlu di seting dulu agar master rem dan sealnya bekerja dengan betul. Untuk caranya saya sudah pernah posting di sini.

Baca: Cara Mudah Seting Rem Cakram Motor Bagian Depan

 Yang paling penting, psatikan dulu untuk mengisi minyak rem di bak penampungannya, kemudian memompa rem dengan menekan tuas rem, lalu tahan sejenak tuas, sambil membuka baut pembuangan minyak rem dari kaliper, agar minyak rem mengisi semua bagian master dan tidak ada udara atau angin yang terjebak. Jika penjelasan saya masih membingungkan silahkan langsung kunjungi postingan saya diatas agar lebih jelas.

 Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Rem Belakang Vixion Advance Ngelos Master Rem Basah Begini Atasinya"