Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lampu Motor Tipe LED Bisa Diseting? Bisa Banget Ini Caranya

 Hampir semua sepeda motor keluaran terbaru terutama motor dengan kategori premium, kini sudah menggunakan lampu depan tipe LED. Berbeda dengan motor-motor lama yang kebanyakan menggunakan lampu tipe halogen. Beberapa motor baru dengan pencahayaan LED sebut saja seperti beat terbaru, scoopy, vario, hingga motor yamaha seperti Nmax, AEROX dsb.

 Meskipun diklaim sebagai teknologi terbaru, nyatanya tipe LED memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri di banding lampu tipe halogen. Kelebihannya jelas lebih terang dengan cahaya warna putih, serta konsumsi listrik yang lebih ringan. Namun kekurangannya, cahaya putih yang dihasilkan terkadang mengalami kendala ketika digunakan dijalanan berkabut, atau pada kondisi hujan yang lebat. Sebaliknya lampu depan tipe halogen yang cenderung warna agak kuning lebih baik pada kondisi kabut atau hujan tersebut.
 Berkendara dengan cahaya yang baik tentunya akan membuat berkendara lebih nyaman misalnya ketika di malam hari. Tapi terkadang cahaya yang dihasilkan juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai pengguna,sebab terkadang seiring pemakaian posisi cahaya bisa berubah, misalnya area yang tersorot lebih tinggi yang bisa menyilaukan mata pengguna lain serta pandangan mata jadi tidak optimal terarah pada area yang terlihat, atau lebih rendah. Pada kondisi ini, maka perlu penyesuaian pada cahaya yang dihasilkan, singkatnya adalah kita perlu seting lampu depan motor kita.
 Pertanyaannya, apakah motor dengan tipe pencahayaan terbaru seperti LED bisa diseting?
 Tentu bisa, bahkan untuk menyeting lampu motor tipe LED terbilang lebih praktis dibanding lampu model lama. Jika pada lampu model lama atau halogen hanya tersedia cara untuk seting lampu melalui baut setingan reflektor lampu depan saja yang biasanya terletak pada batok lampu, pada tipe LED beberapa jenis motor menyediakan alat seting lampu depan langsung menuju lampu saja, tanpa harus menggeser reflektor.
 Pada motor AEROX 155 misalnya, seting lampu depan LED bisa dilakukan dari bagian untuk seting lampu yang terletak di belakang reflektor. Tepatnya di sebelah atas roda depan, jika kita jongkok dan intip kwe atas akan nampak baut setingan warna putih atau crome berukuran 10mm, disana ada baut obeng plus untuk diputar ketika menyeting lampu.

 Dengan memutar ke kiri atau ke kanan, maka posisi cahaya dari lampu depan bisa berubah naik dan turun. Silahkan sesuaikan setepat mungkin supaya anda bisa nyaman saat berkendara malam, maka ketika seting usahakan lakukan dengan pengetesan. 
 Sebagaimana di lampu halogen, penyesuaian juga bisa dilakukan dengan menggeser reflektor dengan mengendorkan lebih dulu dari baut 8mm, yang posisinya berada di bawah baut setingan LED yang terletak pada cover atau batok reflektor. Pertama kendorkan baut, geser reflektor ke depan atau ke belakang kemudian kencangkan baut.

  Sekali lagi, lampu LED motor bisa untuk diseting, hanya saja perlu untuk mengetahui letak baut setingannya saja. Yang pasti sangat mudah dan bisa anda lakukan sendiri.

 Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Lampu Motor Tipe LED Bisa Diseting? Bisa Banget Ini Caranya"